LASKAR PELANGI

Setelah keluar DVDnya, hampir setiap hari diputar terus sama Vito. Kita udah nonton di bioskop. Dan terus terang, walau settingnya bagus banget, nontonnya agak-agak ngantuk. Tapi setelah ikutan (mau engga mau) nonton terus di rumah, makin penasaran sama bukunya. Sebetulnya Novel Laskar Pelangi udah ada di rumah dari bulan Oktober (udah telat juga sih), hadiah ulang tahun dari adikku, hanya belum sempat baca, keburu baca yang lain. Gara-gara nonton terus, jadi pengen baca novelnya. Eh ternyata, di novel emang beda. Selain lebih detail, sudut pandangpun jadi bergeser.

Cerita di novel sedemikian kuat karakternya, bacanya bisa sampai senyum-senyum sendiri. Dan memang Andrea Hirata bisa membuat kita hanyut. Dengan bahasanya yang lugas, kita seakan akan berada di sekolah Muhammadiyah Gantong dengan dikelilingi Ikal, Lintang dan kedelapan temannya yang lain.

Tokoh yang paling saya senangi dalam film ini adalah Lintang, seorang anak pesisir berayahkan nelayan yang buta huruf, yang mempunyai semangat belajar yang amat tinggi. Walaupun kondisi ekonominya yang amat sangat terbatas. Kejeniusannya membuat teman-temannya tertular semangat belajar yang tinggi. Cita-citanya meneruskan sekolah kandas di tengah jalan karena sang ayah tidak pernah pulang ke rumah, hilang ditelan ganasnya ombak. Pada scene ini, saya selalu menitikkan air mata, padahal nontonnya setiap hari. Ironis sekali hidup si Lintang ini. Ia harus membesarkan ketiga adik perempuannya (karena sang Ibu memang diceritakan sudah meninggal lama). Walau sedikit berbeda dengan versi novel, tapi adegan di film benar-benar membuat kita semua harus bersyukur.

Buat yang belum nonton, film ini benar-benar harus ditonton, dan buat yang belum baca novelnya, coba disempetin deh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: